Obat batuk kering tradisional

Banyak sebenarnya OBAT BATUK KERING TRADISIONAL disekitar kita hanya saja kadang kita yang tak tahu. Untuk mendapatkan obat batuk kering tradisional sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Batuk termasuk salah satu penyakit yang umum terjadi. Baik itu berupa batuk kering maupun batuk berdahak. Sehingga referensi apa saja obat tradisional untuk mengatasinya sangatlah penting. Obat batuk tradisional ini merupakan obat yang terdiri dari bahan-bahan alami yang disediakan oleh alam dan biasanya resepnya diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang dan terbukti efektif untuk mengatasi batuk. Obat tradisional ada yang ditemukan berdasarkan pengalaman dan ada juga yang sudah diteliti secara klinis oleh ahli dan dijadikan sebagai bahan obat batuk yang sudah dipatenkan.

Batuk kering biasanya ditandai dengan batuk yang terjadi secara sering (terus-menerus). Menimbulkan rasa gatal atau sakit di tenggorokan. Dan biasanya berlangsung lama (susah sembuh). Batuk kering dapat dibarengi dengan gejala lainnya seperti demam, pilek, pusing, atau nyeri otot. Terjadinya batuk kering ini dapat diakibatkan karena berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu karena paparan debu, polusi udara, alergi, asap rokok, adanya benda asing di saluran pernafasan, konsumsi makanan yang dapat mengiritasi saluran pernafasan, dan dapat pula akibat stres. Batuk kering juga dapat disebabkan karena infeksi kuman, seperti batuk kering akibat influenza, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), bronkhitis, maupun TBC.

Berbagai Pilihan Obat Batuk Kering Tradisional yang Bisa Dicoba

Menderita batuk kering tentunya sangat mengganggu aktifitas Anda. Selain itu jika menderita batuk secara terus-menerus dapat menurunkan nafsu makan, susah tidur/istirahat, dan dapat memicu timbulnya muntah. Oleh karena itu, jika menderita batuk kering maka Anda harus bergegas untuk mengatasinya. Alam telah banyak menyediakan obat yang dapat kita konsumsi dengan biaya yang murah bahkan secara gratis atau cuma-cuma. Obat batuk yang alami biasanya relatif aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping. Berbagai pilihan obat batuk kering tradisional yang ampuh dan aman antara lain sebagai berikut:

Jahe merah

Jahe merah merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal lama sebagai obat batuk kering tradisional yang ampuh. Aroma wangi dan segarnya serta rasanya yang agak pedas semriwing mampu melegakan pernafasan. Jahe merah memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyakit penyebab batuk.

Untuk membuat ramuan jahe merah ini caranya sangat mudah. Siapkan dua ruas jahe merah, cuci sampai bersih, lalu sedikit digepuk agar aromanya keluar. Lalu rebus di dalam panci dengan kurang lebih dua gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih, saring airnya dan tempatkan dalam sebuah gelas. Lalu campurkan sedikit gula atau madu sebagai pemanis, dan minumlah selagi hangat.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan termasuk sebagai obat batuk kering tradisional. Kunyit memiliki kandungan zat antibiotik alami sehingga efektif untuk menyembuhkan batuk. Cara membuat ramuan dari kunyit ini yaitu siapkan kunyit secukupnya lalu kupas dan bersihkan kulitnya. Kunyit lalu diparut kemudian peras untuk diambil airnya dan campurkan pada segelas air panas. Tambahkan madu secukupnya, dan minumlah secara teratur.

Daun saga dan daun asam

Daun saga merupakan sejenis tanaman herbal yang juga ampuh untuk mengatasi batuk kering. Cara membuat obat batuk kering tradisional dari daun saga ini yaitu siapkan satu genggam daun saga beserta tangkainya ditambah dengan satu genggam daun asam. Rebus kedua bahan tersebut pada panci berisi 3 gelas air. Rebus ramuan tersebut sampai tersisa separuhnya. Kemudian saring untuk diambil airnya dan minumlah selagi hangat. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari maka batuk kering akan segera sembuh.

Jeruk nipis

Jeruk nipis juga merupakan salah satu obat batuk kering tradisional karena memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak sulit tentunya untuk menemukan jeruk nipis ini di sekitar kita. Cara membuat ramuan jeruk nipis ini yaitu potong jeruk nipis menjadi dua bagian bagian, lalu peras untuk diambil airnya. Tampung perasan tersebut dalam segelas air hangat, dan tambahkan kecap atau madu secukupnya sebagai pemanis sekaligus menambah khasiat ramuan. Lalu minumlah secara teratur untuk menyembuhkan batuk kering yang Anda derita.

Serai

Obat batuk kering tradisional yang berikutnya yaitu serai. Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini ternyata juga efektif untuk menyembuhkan batuk. Cara membuatnya yaitu siapkan beberapa akar serai secukupnya, cuci sampai bersih, lalu rebus menggunakan 1 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Kemudian saring airnya, dan minumlah secara teratur dua kali dalam sehari.

Daun kemangi

Daun kemangi selain dapat digunakan sebagai lalapan yang lezat juga berkhasiat sebagai obat batuk kering dan gatal. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu siapkan satu genggam daun kemangi yang dicuci sampai bersih kemudian masukkan ke dalam panci berisi dua gelas air. Rebus selama beberapa saat sampai tersisa satu gelas atau separuhnya. Lalu saring airnya, tunggu sampai dingin dan minumlah untuk menyembuhkan batuk kering Anda.

Daun pare

Anda juga dapat membuat obat batuk tradisional dari daun pare. Selain buah pare dapat dibuat sayur, ternyata daunnya dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk. Cara membuatnya yaitu siapkan satu genggam daun pare, cuci sampai bersih dan direbus lalu disaring untuk diambil airnya. Tampung dalam sebuah gelas, tambahkan madu secukupnya untuk mengurangi rasa pahitnya. Minumlah secara teratur dua kali dalam sehari agar batuk kering segera sembuh.

Daun pegagan

Daun pegagan merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk menyembuhkan batuk. Cara membuat obat batuk kering tradisional dari daun pegagan ini yaitu siapkan daun pegagan secukupnya lalu rebus menggunakan tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih kemudian saring untuk diambil airnya. Setelah dingin minum ramuan ini untuk menyembuhkan batuk, lakukan secara rutin dua kali dalam sehari.

Bunga belimbing wuluh

Untuk mengobati batuk kering juga dapat menggunakan bahan dari bunga belimbing wuluh. Bahan ini juga terbukti efektif digunakan sebagai obat batuk tradisional. Cara membuatnya yaitu siapkan satu genggam bunga belimbing wuluh lalu rebus dalam satu gelas air sampai mendidih dan tambahkan madu secukupnya. Kemudian saring airnya dan minumlah secara teratur untuk menyembuhkan batuk.

Agar terhindar dari batuk kering, Anda dapat melakukan berbagai langkah pencegahan. Langkah pencegahan tersebut antara lain yaitu dengan menghindari paparan debu, asap rokok, dan asap udara (dengan memakai masker), menghindari makanan atau minuman yang dapat mengiritasi saluran pernafasan (misalnya gorengan, minuman dingin/es, dan minuman bersoda), menghindari kebiasaan merokok, serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk menghindari masuknya kuman penyakit.

Selain itu tingkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur, asupan cairan yang cukup, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selalu alokasikan waktu istirahat yang cukup dan ciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres. Jika batuk kering yang Anda alami berlangsung lama dan sukar sembuh maka konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, sebab pada beberapa kasus batuk kering juga dapat diakibatkan karena gejala dari penyakit lain yang berlangsung secara kronis.

OBAT BATUK KERING TRADISIONAL DENGAN HERBAL DE NATURE

obat-batuk-berlendir

Konsultasi gratis
WA : 0857-1558-5781
CALL/SMS : 0851-3040-6868
BBM : 7E6C5F4D